Selasa, 30 April 2013

Perbedaan Warna Rambut

Warna alami rambut kita itu bergantung dari jenis, ukuran, dan jumlah melanin (pigmen warna) di dalam tubuh kita.


1. Eumelanin hitam  (warnanya sangat pekat) dan eumelanin cokelat (warnanya lebih muda dari yang hitam).
2. Pheomelanin,  warna pucat (inilah yang menyebabkan warna rambut dikatakan pirang)

Rambut Hitam
Punya paling banyak eumelanin dibandingkan warna rambut lainnya sehingga kita agak sulit kalau ingin mengubah warna rambut hitam menjadi lebih terang.
Rambut Pirang
Warna rambut yang timbul karena kurangnya pigmen eumelanin. Dan biasanya, orang yang rambutnya pirang, ayah atau ibunya pasti berambut pirang.
Tetapi, kalau tak ada gen atau keturunan secara genetis yang menyebabkan rambut seseorang pirang, maka ia bisa disebut albino.
Rambut Merah
memiliki lebih banyak Pheomelanin  dibandingkan Eumelanin.  Nah, kalau jenis rambut ini masih bisa diubah-ubah warnanya dengan pewarna rambut lainnya dan hasilnya pun akan terlihat lebih nyata.
Rambut Cokelat
Selain memiliki banyak Eumelanin , rambut cokelat juga memiliki Pheomelanin  yang membuat warnanya tidak sekuat warna rambut hitam.

Rambut asli orang Indonesia pada umumnya memiliki rambut berwarna hitam gelap karena memiliki kandungan kadar melanin yang lebih tinggi. Sedangkan warna rambut hitam memudar jadi coklat yang tidak rata karena faktor luar seperti rambut yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari yang terik dan terlalu lama dapat menyebabkan warna rambut memudar. Selain itu, penggunaan alat catok yang terlalu sering juga dapat membuat rambut berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

My Spring World Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template